PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

Heri Kristianto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0177

Abstract

Heri Kristianto, NPM. 11.1.02.02.0177: Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan Lokasi terhadap kepuasan pelanggan rumah makan ayam bakar wong solo Kediri. Kata kunci : kualitas pelayanan, kualitas produk, lokasi dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Untuk menghadapi persaingan yang semakin meningkat, perusahaan atau badan usaha perlu membuat dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar konsumen mendapatkan kepuasan dan dapat berdampak jangka panjang untuk perusahaan. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen membutuhkan konsep pemasaran yang bagus khususnya terkait dengan kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lokasi, ( Kotler, 2007:18). Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri ? (2) Bagaimanakah pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri ? (3) Bagaimanakah pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri ? (4) Bagaimanakah pengaruh kualitsa pelayanan, kualitas produk, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif didukung dengan kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif yaitu menjelaskan hubungan atau pengaruh masing-masing variabel. Instrumen penelitian menggunakan angket/kuesioner sebagai pengumpul data. Populasi adalah pelanggan rumah makan ayam bakar wong solo Kediri. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara parsial dan simultan atau bersama-sama kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan kepada rumah makan ayam bakar wong solo khususnya perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih dirasa perlu untuk diperbaiki kedepannya terkait hal-hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar “Wong Solo” Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI