ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK SEDAAP ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2012)
Author (Penulis)
FAKRUR ROZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0161
Abstract
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELANGGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
MIE INSTAN MEREK SEDAAP
( Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2012)
Oleh :
Fakrur Rozi
11.1.02.02.0161
Fakultas Ekonomi, program Studi Manajemen
fakrur.rozi87@gmail.com
Dr. Subagyo dan Moch. Wahyu Widodo, S.E, M.M
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen di antaranya adalah kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) Faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sedaap? (2) Faktor sosial terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sedaap? (3) Faktor pribadi terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sedaap? (4) Faktor psikologis terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sedaap? (5) Faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian mie instan merek Sedaap?.
Jenis penelitian ini adalah explanatory (penelitian penjelasan) dengan menggunakan metode penelitian survei, sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian mahasiswa manajemen angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri sebanyak 370 mahasiswa. Sampel yang diambil peneliti adalah 50 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Sumber data yang digunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan analisis linier berganda dan di uji dengan menggunakan uji t dan uji F.
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian oleh mahasiswa manajemen angkatan 2012 Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Berdasarkan kesimpulan, maka penulis menyarankan bagi perusahaan dalam meningkatkan keputusan pembelian dengan melakukan inovasi secara terus menerus serta memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis.