PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SAMBI SWALAYAN RINGINREJO KEDIRI


Author (Penulis)

ervi susanti
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0158

Abstract

ABSTRAK ERVI SUSANTI : Pengaruh Kualitas, Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelanggan pada Sambi Swalayan mengalami fluktuasi dan tidak stabil. Ada beberapa keluhan yang disampaikan pelanggan terkait kualitas pelayanan dan harga yang kurang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal ini akan mengurangi kepuasan pelanggan dan berdampak langsung pada menurunnya loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. (2) Untuk mengetahui pengharuh harga terhadap loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. (4) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian langsung yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial atau individu variabel kualitas pelayanan harga dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan memiliki berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Sambi Swalayan Ringinrejo Kediri. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi para pemilik atau pemimpin khususnya mengenai pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan pihak lain dalam menilai loyalitas pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI