PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK , BRAND IMAGE DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP DI DESA BALETURI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

DWI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0151

Abstract

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa persepsi kualitas produk, brand image dan perilaku konsumen memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut nampak sekali terlihat dari sikap dan perilaku konsumen dalam memilih Mie Sedaap. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah kualitas produk yang cukup baik, citra merek yang baik serta berbagai pengalaman yang sudah mengkonsumsi Mie Sedaap. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Desa Baleturi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ? (2) Adakah pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Desa Baleturi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ? (3) Adakah pengaruh prilaku konsumen terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Desa Baleturi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ? (4) Adakah pengaruh persepsi kualitas , brand image dan prilaku konsumen terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Desa Baleturi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk ? Varibel dalam penelitian ini adalah : variabel dependen keputusan pembelian, serta variabel independen persepsi kualitas produk, brand imgae ( citra merek ) dan perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian langsung yaitu dengan cara kuesioner dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 97 orang responden dari populasi sebanyak 2424 orang.Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuisioner yang diberikam secara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas sesuai dengan penelitian yang dilakukan.Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif berupa linear berganda dan diuji dengan menggunakan uji t dan uji F. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara parsial / individu variabel persepsi kualitas produk, brand image (citra merek) dan perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian serta secara simultan variabel persepsi kualitas produk, brand image (citra merek) dan perilaku konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Desa Baleturi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dengan arah hubungan yang positif atau memiliki sifat hubungan searah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) menjaga citra merek yang telah melekat dibenak konsumen agar tidak beralih ke produk pesaing. (2) berupaya meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan pelayanan yang tepat. (3) meningkatkan kualitas produk agar konsumen tetap memilih Mie Sedaap sebagai pilihan yang terbaik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI