PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DEPOT BAKSO SAKINAH KHAS MALANG KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

Dita Dwi Wahyuni
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0147

Abstract

ABSTRAK DITA DWI WAHYUNI : Pengaruh harga, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan terhadap kepuasan konsumen pada depot Bakso Sakinah khas Malang Kecamatan Ngancar, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan,Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa konsumen pada Depot Baksosakinah khas Malang mengalami fluktuasi dan tidak stabil. Ada beberapa keluhan yang disampaikan pelanggan terkait harga, kualitas pelayanan dan nilai pelanggan yang kurang sesuai dengan keinginan konsumen. Hal ini akan mengurangi kepuasan konsumen dan berdampak langsung pada menurunnya jumlah konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. (2) Untuk mengetahui pengharuh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. (3) Untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. (4) Untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian langsung yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial atau individu variabel harga kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadapkepuasan konsumen, dan secara simultan variabel harga, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan memiliki berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Depot Bakso Sakinah khas Malang. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi para pemilik atau pemimpin khususnya mengenai pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen , sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan bahan perbandingan pihak lain dalam menilaikepuasan konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI