Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di Wedding Organizer (Studi Kasus "Pixtora Salon") di Desa Gampengrejo Kabupaten Kediri
Author (Penulis)
DEVI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0141
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI
TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WEDDING ORGANIZER (STUDI KASUS
“PIXTORA SALON”) DI DESA GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI
Devi Rahmawati
NPM: 11.1.02.02.0141
Fakultas Ekonomi - Manajemen
Drahmawati890@gmail.com
Dr.H. Samari,S.E.,M.M dan Faisol S.Pd., M.M
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Devi rahmawati : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi terhadap kepuasan
Konsumen di wedding organizer (studi kasus “PIXTORA SALON”) didesa gampengrejo kabupatan
kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015.
Pada era globaliasi, produk barang atau jasa yang bersaing dalam satu pasar semakin banyak
dan beragam sebagai akibat keterbukaan pasar. Apabila konsumen benar – benar puas, mereka akan
membeli ulang serta member rekomendasi kepada orang lain untuk membeli di tempat yang sama.
Disamping kualitas pelayanan, masih ada kualitas produk, karena pada dasarnya setiap orang yang
membeli suatu produk, baik barang atau jasa, tentu mereka ingin memperoleh kualitas yang baik,
namun promosi juga merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk
menarik perhatian, menimbulkan interest, menimbulkan minat untuk membeli dan akhirnya adanya
tindakan dari konsumen
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)Untuk mengetahui kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di wedding organizer “PIXTORA SALON”,
(2)Untuk mengetahui kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di
wedding organizer “PIXTORA SALON”, (3) Untuk mengetahui promosi berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen di wedding organizer “PIXTORA SALON”, (4)Untuk mengetahui
kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
di wedding organizer “PIXTORA SALON” . Penelitian ini menggunakan penelitian survey, yaitu
penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat
pengambilan data yang pokok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Data yang terkumpul yang berasal dari data primer
dianalisis secara deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS (Statitical
Program For Social Science).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk
dan promosi secara parsial atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari
penjelasan tersebut di atas maka disarankan kepada usahawan bahwa : (1) Bagi Usahanya,Diharapkan
wedding organizer “PIXTORA SALON”dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang tinggi
kepada konsumen dan meningkatkan kualitas produk, sehingga kepuasan konsumen akan meningkat
sesuai yang diharapkan. (2) Saran peneliti selanjutnya, Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dalam
melakukan penelitian yang serupa lebih mengembangkan hasil yang telah dicapai peneliti saat ini,
bahkan lebih baik menambah indikator-indikator baru yang kiranya mempengaruhi kepuasan
konsumen. (3) Saran bagi konsumen, Diharapkan para konsumen dapat memilih dengan cermat
wedding organizer yang berkualitas seperti “PIXTORA SALON”.
Kata kunci: kualits pelayanan, Kualitas produk, Promosi dan Kepuasan Konsumen.