PENGARUH HARGA, PELAYANAN DAN ATMOSFER KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DI INDOMART JALAN MERBABU DERMO KOTA KEDIRI)


Author (Penulis)

DEA ALBENY PRAYOGO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0134

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia, terutama dunia usaha pada saat ini. Banyak para perusahaan yang bersaing untuk menarik para konsumen untuk membeli barang dagangannya. Untuk itu pengusaha harus tanggap terhadap apa yang harus dilakukan terkait dengan kelangsungan hidup usahanya, karena konsumen akan semakin selektif dalam melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (2) apakah pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (3) apakah atmosfer kenyamanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (4) apakah harga, pelayanan dan atmosfer kenyamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Indomart Jalan Merbabu Dermo Kota Kediri dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel harga, pelayanan dan atmosfer kenyamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji F sebesar 14,790 dengan tingkat sig F=0,000. Secara parsial, variabel harga diperoleh t hitung 2,945 > t tabel 2,028, variabel pelayanan diperoleh t hitung 0,14 < t tabel 2,028, variabel atmosfer kenyamanan diperoleh t hitung 5,312 > t tabel 2,028 yang artinya variabel harga dan atmosfer kenyamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Indomart terus meningkatkan faktor-faktor yang menjadi pengaruh keputusan pembelian terutama dalam hal pelayanan, karena dengan meningkatkan faktor-faktor tersebut maka konsumen akan meningkatkan pembelian. Kata kunci: harga, pelayanan, atmosfer kenyamanan dan keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI