PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AQUA (Studi Kasus pada Warga Perumahan Wisma Asri Pesantren Kota Kediri)
Author (Penulis)
ANTOK WIDAYAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0116
Abstract
ABSTRAK
Antok Widayat: Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua pada Warga Perumahan Wisma Asri Pesantren Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan di bidang penyedia layanan jasa Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang semakin marak dengan banyaknya AMDK lain yang bermunculan. Fenomena ini mendorong setiap perusahaan untuk meningkatkan standar pelayanannya maupun produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Kemudian dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, juga data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 60 sampel pelanggan AMDK merek Aqua pada warga perumahan Wisma Asri Pesantren Kota Kediri dengan menggunakan teknik Cluster Sampling, setelah itu dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi : Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, pengujian hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2).
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 2,839 +0,322 Xl + 0,367X2 + 0,356X3 +0,273X4
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), variabel Kualitas Produk (X1), variabel Harga (X2), variabel Saluran Distribusi (X3) dan variabel Promosi (X4).
Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui Uji F dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Produk, Harga, Saluran Distribusi dan Promosi memang layak untuk menguji variabel dependen Keputusan Pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,600 menunujukkan bahwa 60,0 persen variasi Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 40,0 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: kualitas produk, harga, saluran distribusi, promosi, keputusan pembelian.