PENGARUH ATMOSFER TOKO, LOKASI, DAN CITRA TERHADAP MINAT PEMBELIAN DI TOKO RARAS ARUM (ORANGE) KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
TYA WIDHA AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0093
Abstract
Abstrak
Tya Widha Agustina: Pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi dan Citra Terhadap Minat Pembelian Konsumen di Toko Raras Arum (Orange) Kabupaten Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP KEDIRI,2015
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi, dan Citra terhadap Minat Pembelian Konsumen di Toko Raras Arum (Orange) Kabupaten Kediri. Dimana variabel independen yaitu Atmosfer Toko, Lokasi dan, Citra mempengaruhi Minat Pembelian Konsumen sebagai variabel dependen.
Penelitian ini dilahkukan di Toko Raras Arum (Orange), Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kasual assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli pada Toko Raras Arum (Orange) dan sampel yang digunakan berjumlah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik incidental. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel atmosfer, lokasi dan citra berpengaruh secara simultan terhadap minat pembelian konsumen. Besarnya kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut terhadap minat pembelian konsumen adalah 0,691%, sedangkan sisanya 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Variabel-variabel atmosfer, lokasi, dan citra memiliki pengaruh parsial terhadap minat pembelian konsumen ditunjukan dari nilai uji-t signifikan terhadap setiap variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah atmosfer toko, lokasi dan citra secara simultan berpengaruh terhadap minat pembelian, atmosfer toko dan citra berpengaruh secara signifikan, sedangkan lokasi berpengaruh namun tidak secara signifikan. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang saling berpengaruh adalah variabel citra sebesar 6.504%, atmosfer toko sebesar 2,442%, sedangkan variabel yang paling rendah adalah lokasi sebesar 1,967%. Hal ini berarti bahwa jika atmosfer toko, lokasi dan citra meningkat maka akan meningkatkan minat pembelian. Saran penulis adalah untuk meningkatkan minat pembelian konsumen dapat dilahkukan dengan cara peningkatan perhatian lebih pada penataan atmosfer toko, kenyamanan di loksasi toko, dan selalu menjaga citra yang baik di masyarakat.
Kata Kunci: Atmosfer Toko, Lokasi, Citra, Minat Pembelian Konsumen