PENGARUH LOKASI, STORE ATMOSPHERE, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN PUSAKA PAPAR KEDIRI


Author (Penulis)

TETY YUNISTRI ARDILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0091

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pertumbuhan bisnis ritail yang semakin meningkat. Sehingga perusahaan harus mampu berupaya mengembangkan strategi untuk menarik konsumen agar memutuskan untuk melakukan pembelian di perusahaan tersebut. Lokasi penelitian di Swalayan Pusaka yang beralamatkan di Jl. Raya Papar-Pare No.163. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan wawancara langsung dengan pihak terkait dengan Swalayan Pusaka. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi (X1), store atmosphere (X2), promosi (X3), harga (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada swalayan Pusaka Papar (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F_(hitung )= 10,841 dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Selain itu nilai Adjusted ?(R?^3) sebesar 0,445 yang berarti seluruh variabel bebas memiliki kontribusi secara bersama-sama sebesar 44,5% tehada variabel terikat dan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial lokasi, store atmosphere, promosi, dan harga mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian simpulan hasil penelitian ini bahwa lokasi, store atmosphere, promosi, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Pusaka. Sehingga diharapkan swalayan harus meningkatkan strategi pemasaran agar minimarket dapat menjadi swalayan yang unggul dalam pendapatan laba atapun strategi pamasarannya. Kata Kunci: lokasi, store atmosphere, promosi, harga, keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-04

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI