ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Bengkel AHASS MPM Motor Kediri)


Author (Penulis)

SUCI WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0088

Abstract

ABSTRAK Suci Wulansari: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel AHASS MPM Motor Kediri, Skripsi, Manajemen, Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam pernyataan misinya, iklan, maupun promosinya. Kunci utama perusahaan untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya agar dapat melakukan perbaikan dan inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan setelah melakukan transaksi di bengkel AHASS MPM Motor Kediri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS MPM Motor Kediri pada Tahun 2015. (2) Apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS MPM Motor Kediri pada Tahun 2015. (3) Apakah lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS MPM Motor Kediri pada Tahun 2015. (4) Apakah kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS MPM Motor Kediri pada Tahun 2015 secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan data keadaan yang sebenarnya. Data berupa angka-angka yang dijumlahkan. Uji hipotesis ke 1 Untuk Pelayanan menunjukkan nilai t hitung sebesar 2.436 dengan taraf signifikansi 0.039. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H1 “Pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan” diterima. Uji Hipotesis ke 2 Untuk Harga menunjukkan nilai t hitung sebesar 4.255 dengan taraf signifikansi 0.015. Taraf signifikansi hasil sebesar 0.015 tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H2 “Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan” diterima dan uji hipotesis ke 3 Untuk Lokasi menunjukkan nilai t hitung sebesar 1.985 dengan taraf signifikansi 0.045. Taraf signifikansi hasil sebesar 0.045 tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H3 “Lokasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan” diterima Berdasarkan penelitian dapat ditarik simpulan bahwa Harga memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap kepuasan pelanggan Ahass MPM Motor Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI