PENGARUH MERCHANDISING, DISPLAY, ATMOSFER TOKO, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO PESONA SENDANG TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SITI NOVA ERLINDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0085

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan bisnis ritel yang semakin meningkat berdampak pada pola hidup dan pola berbelanja masyarakat yang semakin berkembang. Masyarakat lebih memilih berbelanja di ritel modern yang memiliki banyak keunggulan dibanding ritel tradisional. Sebagai salah satu ritel tradisional, Toko Pesona Sendang Tulungagung harus memiliki strategi pemasaran yang baik agar mampu bersaing dengan ritel modern. Strategi pemasaran yang digunakan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Toko Pesona adalah melalui merchandising, display, atmosfer toko, dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merchandising, display, atmosfer toko, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Pesona Sendang Tulungagung. Dalam penelitian ini, pemdekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah causal riset atau riset kausal. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Toko Pesona Sendang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang dengan teknik sampel insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Secara parsial (individu), variabel merchandising, display, dan atmosfer toko berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lokasi berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan (bersama-sama), variabel merchandising, display, atmosfer toko, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kesimpulan di atas, diharapkan Toko Pesona untuk meningkatkan strategi pemasaran khususnya merchandising dan display, sehingga dapat meningkatkan selera konsumen untuk membeli ulang dan juga dapat menarik konsumen baru untuk melakukan pembelian di Toko Pesona. Kata Kunci : Merchandising, Display, Atmosfer Toko, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI