PENGARUH MERCHANDISING, DISPLAY BARANG DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO MARGO MULYO DI WATES KEDIRI


Author (Penulis)

SILVI PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0084

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bisnis ritel yang cukup pesat, sebagai akibat tuntutan gaya hidup masyarakat yang mulai memperhatikan masalah kemudahan dan kenyaman dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh merchandising terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Margo Mulyodi Wates Kediri? (2) Bagaimana pengaruh display barang terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Margo Mulyo di Wates Kediri? (3) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Margo Mulyo di Wates Kediri? (4) Bagaimana pengaruh merchandising, display barang, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Margo Mulyo di Wates Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bersifat kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara langsung dengan pihak yang terkait dengan Toko Margo Mulyo. Populasi untuk melakukan penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang melakukan pembelian pada Toko Margo Mulyo selama 6 bulan yaitu bulan Juli sampai Desember 2015. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, dengan responden sebanyak 50 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa merchandising, display barang dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa faktor merchandising, display barang dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung = 11,953 dengan signifikansi 0,000<0,05. Selain itu nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,401 hal ini berarti 40,1% kepuasan pelanggan pada Toko Margo Mulyo dipengaruhi oleh merchandising, display barang dan harga, sisanya 59,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci :merchandising, display barang, harga, kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI