PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GLOBAL TECHNOLOGY NGANJUK


Author (Penulis)

samsul huda
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0082

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya pertokoan yang menjual produk komputer atau laptop di daerah Nganjuk. Hal ini menyebabkan perlu adanya perhatian dan sejumlah tindakan yang berhubungan dengan permasalahan kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi sebagai bentuk strategi pemasaran, agar konsumen memutuskan membeli pada Global Technology Nganjuk. Konsumen akan melakukan keputusan pembelian bila kualitas produk terjamin, kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan lokasi yang strategis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Global Technology Nganjuk baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan sedang berbelanja di Global Technology Nganjuk. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling sebanyak 80 responden. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Data yang diambil metode kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Global Technology Nganjuk harus terus menjaga kualitas produknya, kualitas pelayanannya, menetapkan harga dengan baik, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan lokasinya agar konsumen mempunyai persepsi bahwa Global Technology Nganjuk tidak akan mengecewakan konsumennya, sehingga hal tersebut memicu konsumen untuk tetap memilih berlangganan kepada Global Technology Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI