PENGARUH BAURAN PEMASARAN ( PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) TERHADAP VOLUME PENJUALAN ES KRIM PAK BOS CAMPURDARAT - TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RIZKI NOPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0079

Abstract

ABSTRAK Tingkat persaingan kuliner di Indonesia sangat ketat, karena setiap usaha kuliner senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Dalam pemasaran dikenal banyak strategi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dihasilkan sebuah perusahaan, salah satunya adalah marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, place, promotion, and price sebagai alat-alat pemasarannya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap volume penjualan yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan es krim Pak Bos. (2) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan es krim Pak Bos. (3) Untuk mengetahui apakah lokasi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan es krim Pak Bos. (4) Untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan es krim Pak Bos. (5) Untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan es krim Pak Bos. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian konsumen es krim Pak Bos, dengan sampel sebanyak 50 responden. Alat pngujian yang digunakan adalah SPSS v.21.0 for windows dengan menganalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Es Krim Pak Bos tetap bisa mempertahankan eksistensinya di bidang kuliner yaitu es krim potong dengan melakukan berbagai macam varian rasa es krim yang sesuai selera konsumen. Meskipun demikian perusahaan tetap meningkatkan kualitas produknya yang sejak dahulu sudah diterapkan di perusahaan demi memuaskan selera para konsumennya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa produk, harga, lokasi dan promosi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan sebesar 86%. Dan sisanya 14% berasal dari luar variabel bauran pemasaran. Dari penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bauran pemasarn yang sudah dilakukan di Es Krim Pak Bos sudah cukup baik meskipun demikian dalam upaya meningkatkan volume penjualan harus tetap memperhatikan faktor produk, lokasi, promosi dan yang paling penting adalah harga karena harga dalam penelitian ini yang memiliki pengaruh yang paling rendah. Kata Kunci : product, price, place, promotion dan volume penjualan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI