ANALISIS PENGARUH PRODUK, PELAYANAN, ATMOSFIR DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO POJOK BADAS


Author (Penulis)

RIZKA PUJINING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0077

Abstract

ABSTRAK - Pada jaman modern seperti sekarang ini perkembangan usaha ritel di Indonesia sangatlah pesat, hal ini menyebabkan daya saing antar peritel semakin tinggi. Dengan adanya persaingan tersebut maka usaha ritel harus mempunyai strategi yang kuat untuk mengambil sebanyak mungkin konsumen agar usaha ritel yang sudah berjalan lama tidak kalah bersaing, salah satunya Toko Pojok Badas Kediri yang menggunakan cara Strategi bauran pemasaran ritel. Strategi ini berperan penting dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk di toko Pojok Badas Kediri. Strategi pemasaran ritel yang diteliti yaitu produk, pelayanan, atmosfir, dan lokasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, pelayanan, atmosfir, lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Pojok Badas Kediri. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik eksplanasi yang bermaksud menjelaskan tentang produk, pelayanan, atmosfir, lokasi dan keputusan pembelian serta hubungannya antara variabel tersebut, data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Sampel yang digunakan sebagian dari konsumen Toko Pojok Badas Kediri sejumlah 100 responden dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Secara hasil uji parsial variabel produk, pelayanan dan atmosfir berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan, variabel produk, pelayanan, atmosfir dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang dilakukan di Toko Pojok Badas Kediri, diharapkan dapat selalu mempertahankan kualitas dan ketersediaan barang, pelayanan selalu maksimal, atmosfir toko yang nyaman, dan lokasi dengan penanda yang mudah dicari konsumen. Dengan meningkatkan hal tersebut diharapkan dapat mencapai target toko dan membuat konsumen melakukan pembelian ulang. Kata kunci : Produk, Pelayanan, Atmosfir, Lokasi, Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI