Pengaruh Merchandising, Atmosfer dalam Gerai, Pelayanan Ritel dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Toko Ayu B di Kecamatan Gurah)


Author (Penulis)

Risa Yulala
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0075

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang semakin ketat dalam usaha ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari khususnya di pedesaan. Oleh sebab itu peneliti menganalisis alasan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terhadap empat faktor yaitu: Merchandising, Atmosfer dalam gerai, pelayanan ritel dan harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui : (1) Pengaruh merchandising secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B. (2) Pengaruh atmosfer dalam gerai secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B. (3) Pengaruh pelayanan ritel secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B. (4) Pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B. (5) Pengaruh merchandising, atmosfer dalam gerai, pelayanan ritel dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, dengan teknik mengumpulkan data melalu kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis menggunakann uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh secara parsial keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa secara simultan keempat variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,889 menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 89% keputusan pembelian sedangkan 11% dijelasakan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Merchandising berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Ayu B di Kecamatan Gurah. (2) Atmosfer dalam gerai berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Ayu B di Kecamatan Gurah. (3) Pelayanan ritel berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Ayu B di Kecamatan Gurah.(4) Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Toko Ayu B di Kecamatan Gurah. (5) Merchandising, atmosfer dalam gerai, pelayanan ritel dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ayu B.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI