PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN PIZZA HUT DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RETNO BUDIARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0072

Abstract

Retno Budiarsih. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen Kepuasan konsumen dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi. Kualitas pelayanan adalah “tingkat keunggulan yang diharapkan konsumen dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen. kualitas produk merupakan ciri dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan maupun tersirat. Harga dan kualitas memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan, masih ada sedikit bukti empiris mengeksplorasi hubungan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. 2) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. 3) Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. 4) Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. Teknik penelitian ini adalah teknik korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah datang dan melakukan pembelian di restoran Pizza Hut Kota Kediri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Pizza Hut Kediri. 2) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Pizza Hut Kediri. 3) harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Pizza Hut Kediri.4) kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Pizza Hut Kediri. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 569. Hal ini berarti 56,9% dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga sedangkan sisanya yaitu 43,1% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan bagi manajemen perusahaan mengenai pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas produk serta dapat memperhatikan harga pada Restoran Pizza Hut Kediri sehingga diharapkan konsumen lebih tertarik untuk datang berkunjung karena kualitas pelayanan yang baik serta kualitas produk yang memuaskan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI