PENGARUH MERCHANDISING, ATMOSFER TOKO DAN DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO IMAM PLOSOKLATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RAHAYU FIBRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0070

Abstract

ABSTRAK - Pertumbuhan bisnis ritel modern yang semakin meningkat yang berdampak pada pergeseran pola belanja masyarakat, masyarakat lebih memilih berbelanja di ritel modern dari pada ritel tradisional. Sebagai salah satu usaha ritel tradisional, Toko Imam Plosoklaten Kediri harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan ritel modern. Strategi pemasaran ritel sangat penting bagi toko ritel tradisional, karena bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar memutuskan pembelian di Toko Imam Plosoklaten Kediri dan meningkatan penjualan toko. Strategi pemasaran ritel yaitu melalui merchandising, atmosfer toko, dan display. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merchandising, atmosfer toko, dan display terhadap keputusan pembelian di Toko Imam Plosoklaten Kediri. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal research atau riset kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Imam Plosoklaten Kediri. Dalam penilitian ini sampel yang digunakan sejumlah 80 konsumen dengan teknik sampel insidental. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Secara hasil uji parsial (individu) variabel merchandising dan display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel atmosfer toko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan (bersama-sama), variabel merchandising, atmosfer toko dan display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang dilakukan pada Toko Imam Plosoklaten Kediri diharapakan untuk meningkatkan kegiatan pengelolaan barang dagangan (merchandising) agar dapat memenuhi selera, keinginan, dan kebutuhan konsumen, serta pendisplayan barang yang rapi dan kebersihan barang maupun tempat diperhatikan, agar konsumen memutuskan berbelanja di Toko Imam, sehingga tujuan toko dapat dicapai dan semakin berkembang kedepannya. Kata Kunci – merchandising, atmosfer toko, display, dan keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI