PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMITMEN, DAN FASILITAS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN SINGONEGARAN KEDIRI


Author (Penulis)

Putri Yusrika Noviasari
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0069

Abstract

ABSTRAK Putri Yusrika Noviasari : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komitmen dan Fasilitas Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Singonegaran Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Januari 2016. Kata Kunci : kualitas pelayanan, komitmen, fasilitas, dan kepuasaan masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kantor kelurahan yang ada di daerah Kediri. Hal ini menyebabkan perlu adanya perhatian dan sejumlah tindakan yang berhubungan dengan permasalahan kualitas pelayanan, komitmen, dan fasilitas sebagai bentuk strategi pelayanan, agar masyarakat mengetahui pelayanan pada Kelurahan Singonegaran Kediri. Masyarakat akan melakukan kepuasan bila kualitas pelayanan yang baik, komitmen, dan fasilitas yang memadai terhadap kepuasaan masyarakat pada Kelurahan Singonegaran Kediri baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang kebetulan sedang berada di Kelurahan Singonegaran Kediri. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan, komitmen, dan fasilitas sebagai variabel bebas dan kepuasan masyarakat sebagai variabel terikat. Data yang diambil metode kuesioner ( angket ). Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi dengan mempertimbangkan analisis linear berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial ( uji t ) dan uji statistik secara simultan ( uji F ). Hasil uji secara parsial ( uji t ) maupun secara simultan ( uji F ) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, komitmen, dan fasilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Kelurahan Singonegaran Kediri harus terus menjaga kualitas pelayanan dengan baik, komitmen dan fasilitas yang memadai agar masyarakat mempunyai persepsi bahwa Kelurahan Singonegaran Kediri tidak akan mengecewakan masyarakatnya, sehingga hal tersebut memicu masyarakat untuk tetap mempercai Kelurahan Singonegaran Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI