PENGARUH DISPLAY, LOKASI, DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKO MULYOREJO PESANTREN KEDIRI


Author (Penulis)

NIMAS AKI PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0065

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini, masyarakat lebih memilih berbelanja di ritel modern dari pada di ritel tradisional, ini karena ritel modern memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Agar peritel tradisional mampu bersaing dengan peritel modern, peritel tradisional harus mampu menguasai bauran pemasaran ritel. Sebagai salah satu usaha ritel tradisional, Toko Mulyorejo Pesantren Kediri harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan ritel modern. Strategi bauran pemasaran ritel sangat penting bagi toko ritel tradisional, bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar memutuskan pembelian di Toko Mulyorejo Pesantren Kediri dan bertujuan meningkatan volume penjualan. Strategi pemasaran ritel yaitu melalui display, lokasi, dan citra toko. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh display, lokasi, dan citra toko terhadap keputusan pembelian di Toko Mulyorejo Pesantren Kediri. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara kuesioner. Populasi adalah konsumen Toko Mulyorejo. Sampel yang digunakan sebagian sejumlah 80 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Secara hasil uji parsial (individu) variabel display, lokasi, dan citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan (bersama-sama), variabel display, lokasi, dan citra toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang dilakukan di Toko Mulyorejo Pesantren Kediri, diharapkan dapat meningkatkan citra toko, sehingga dapat memenuhi selera, keinginan, dan kebutuhan konsumen. Selain itu, display barang menarik dan rapi, pelayanan, kebersihan perlu ditingkatkan karena hal tersebut memberikan pengaruh konsumen dalam pembelian. Dengan meningkatkan hal tersebut akan semakin menarik konsumen dalam pembelian ulang maupun konsumen baru agar memutuskan berbelanja di Toko Mulyorejo, sehingga visi dan misi toko dapat tercapai. Kata Kunci : Display, Lokasi, Citra Toko

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI