ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MEMBELI DOD (Day Old Duck) (STUDY KASUS PADA CV MAJU JAYA BLITAR)


Author (Penulis)

MOH. RIZAL AL FARIKHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0061

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan sektor peternakan merupakan sektor penting dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan pangan penduduk Indonesia. Indonesia sebagai Negara agraris yang kaya akan sumber daya alam memiliki potensi peternakan dan pertanian, salah satu hasil peternakan yang ada di Indonesia adalah ternak itik mempunyai peranan yang cukup besar baik dalam memenuhi kebutuhan telur maupun daging untuk mendukung ketersediaan protein hewani yang murah maupun untuk usaha sampingan sehingga meningkatkan ekonomi di suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan CV Maju Jaya Blitar, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh secara dominan di antara tiga variabel kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan lokasi (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) CV Maju Jaya Blitar. Sampel dalam penelitian yakni sebagian pelanggan yang membeli DOD di CV Maju Jaya Blitar. pada bulan September yakni sebanyak 40 pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuisioner secara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Data dianalisis dengan menggunakan Metode Deskriptif dan Metode Kuantitatif yang menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Sedangkan diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 22,566 > Ftabel (3;36) sebesar 2,866 atau nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan tersebut membuktikan bahwa secara serempak (simultan) kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) CV Maju Jaya Blitar. Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi, loyalitas pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI