PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA SALES PROMOTION LEMBAGA RUMAH SEHAT INDONESIA


Author (Penulis)

MOCHAMMAD BAYU KRESNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0058

Abstract

Dalam kenyataannya, hampir semua perusahaan mengharapkan prestasi kerja yang baik dari setiap karyawannya, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan. Terutama perusahaan swasta yang mengandalkan kontribusi langsung dari semua karyawannya, agar mampu bertahan dan berkembang. Seperti halnya kondisi yang ada pada Lembaga Rumah Sehat Indonesia, dengan jumlah Sales Promotion sebanyak 63 orang. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Sales Promotion dengan latar belakang pendidikan yang relatif sama memiliki perbedaan tingkat penjualan, meskipun itu dalam daerah pemasaran yang sama. (2) Adanya perbedaan skill dalam ketika melakukan pendekatan terhadap calon konsumen, meskipun mereka memiliki latar belakang pendidikan yang sama. (3) Pelatihan, fasilitas dan motivasi yang diberikan oleh Lembaga Rumah Sehat Indonesia cukup baik, akan tetapi tidak semua Sales Promotion dapat mengimplementasikan hal tersebut dalam mendekati masyarakat. (4) Bonus dan insentif yang diberikan cukup tinggi, akan tetapi hal ini tidak membuat semua Sales Promotion bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dengan Sales Promotion Lembaga Rumah Sehat Indonesia. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi (X1), motivasi (X2) dan kepuasan kerja (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja (Y). Keeratan hubungan variabel bebas dan variabel terikat adalah hubungan yang sangat tinggi atau kuat sekali. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial kompetensi, motivasi dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja. Dengan demikian simpulan hasil penelitian ini bahwa kompetensi, motivasi, dan kepuasan kerja berpengaruh pada prestasi kerja Sales Promotion Lembaga Rumah Sehat Indonesia. Sehingga diharapkan pimpinan Lembaga Rumah Sehat Indonesia harus lebih memperhatikan dari mulai rekruitmen karyawan, sampai dalam pelatihannya lebih memperhatikan dalam meningkatkan kompetensi, motivasi dan kepuasan kerja, agar prestasi kerja Sales Promotion bisa lebih maksimal. Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI