PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK APACHE DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

LAILATUL APRILIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0057

Abstract

Hasil Penelitian dilatarbelakangi keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, dan promosi dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk rokok Apache pada konsumen. Populasi penelitian ini adalah pembeli produk rokok Apache di wilayah Kota Kediri. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Random Sampling kepada 35 responden yang terdiri dari Pelajar/Mahasiswa, PNS, Swasta, dan Wiraswasta. Variable dalam penelitian ini adalah kualitas produk, harga, dan promosi sebagai variable bebas dan keputusan pembelian sebagai variable terikat. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan penyebaran angket kuesioner. Cara analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah Analisis regresi linear berganda dengan Softwear SPSS 20 kemudian hasil analisis berupa angka-angka tersebut di tarik kesimpulan. Hasil dari penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri sebesar 3,425 dengan taraf signifikan 0,002,0,05. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri sebesar 3,663 dengan taraf signifikan 0,001<0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok Apache di Kota Kediri 2,565 dengan taraf signifikan 0,001<0,05. ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat di ketahui bahwa secara bersamaan ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan bahwa semakin baik/tinggi variabel kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Apache di Kota Kediri. Dapat diketahui dari uji f hitung sebesar 78,247 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti secara simultan atau bersama-sama kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Apache di Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI