PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK PASTA GIGI CIPTADENT DI KALANGAN REMAJA (Studi Kasus di Desa Bandar Lor Gg. X Kota Kediri Tahun 2015)


Author (Penulis)

MIA HERISA SASSISKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0055

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tercapai. Dengan memuaskan konsumen suatu perusahaan bisnis dapat meningkatkan keuntungannya dan mendapat pangsa pasar yang lebih luas bagi perusahaan. Salah satu faktor penentu kesuksesandalam menciptakan loyalitas merek para pelanggannya adalah kepuasan terhadap kualitas yang diberikan. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas suatu produk atau jasa adalah sebagai berikut : Nilai (harga dan kualitas), Citra, Kenyamanan dan kemudahan, Kepuasan, Pelayanan, Garansi dan jaminan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk Pasta Gigi Ciptadent di kalangan remaja Desa Bandar Lor Gg. X Kota Kediri Tahun 2015?. (2)Bagaimana pengaruh persepsi terhadap loyalitas pelanggan produk Pasta Gigi Ciptadent di kalangan remaja Desa Bandar Lor Gg. X Kota Kediri Tahun 2015. (3)Bagaimana pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan produk Pasta Gigi Ciptadent di kalangan remaja Desa Bandar Lor Gg. X Kota Kediri Tahun 2015. (4) Bagaimana pengaruh citra merek, persepsi dan kepuasan konsumen secara silmultan terhadap loyalitas pelanggan produk Pasta Gigi Ciptadent di kalangan remaja Desa Bandar Lor Gg. X Kota Kediri Tahun 2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan data keadaan yang sebenarnya. Data berupa angka-angka yang dijumlahkan. Uji hipotesis ke 1 Untuk citra merek (X1), Nilai sig. = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H1 citra merek secara individual berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji Hipotesis ke 2 Untuk persepsi (X2), Nilai sig. = 0,004 < 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H2 persepsi secara individual berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan uji hipotesis ke 3 Untuk kepuasan konsumen (X3), Nilai sig. = 0,009 < 0,05, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian dapat berarti bahwa hipotesis H3 kepuasan konsumen secara individual berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan penelitian dapat ditarik simpulan bahwa secara bersama-sama menunjukkan bahwa citra merek, persepsi dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pasta gigi Ciptadent di kalangan remaja di Desa Bandar Lor Gg.X Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI