PENGARUH MERCHANDISING, DISPLAY BARANG DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO MINA DESA WONOASRI KECAMATAN GROGOL KEDIRI
Author (Penulis)
MELINDA KRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0054
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bisnis ritel yang cukup pesat, sebagai akibat
tuntutan gaya hidup masyarakat yang mulai memperhatikan masalah kemudahan dan kenyaman dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana
pengaruh merchandising terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri ?(2) Bagaimana
pengaruh display barang terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri? (3) Bagaimana
pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri? (4) Bagaimana pengaruh
merchandising, display barang, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek konsumen pelanggan Toko
Mina. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara
langsung dengan pihak yang terkait dengan pemilik Toko Mina. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini meliputi 50 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi inier
berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan realibilitas. Hasil uji t diperoleh t hitung
untuk variabel merchandising sebesar 4,078 dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf
signifikansi0,05), keudian untuk t hitung variabel display barang sebesar 3,215 dengan signifikansi 0,002
(lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05), dan untuk t hitung variabel harga sebsar 2,124 dengan
signifikansi 0,039 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05)
Untuk hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 13,043 dengan tingkat signifikansi 0,000. Maka
dapat disimpulkan bahwa mempunya pengaruh yang signifikansi antara merchandising, display barang,
dan harga. Sehingga model regresi yang diperoleh adalah Y = 12,003 + 0,400X1 + 0,323X2 – O,201X3.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara simultan merchandising, display barang, dan harga
berpengaruh signifikansi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri Kecamatan
Grogol.
Kata kunci : merchandising, display barang, harga, kepuasan pelanggan.