PENGARUH MERCHANDISING, DISPLAY BARANG DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO MINA DESA WONOASRI KECAMATAN GROGOL KEDIRI


Author (Penulis)

MELINDA KRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0054

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bisnis ritel yang cukup pesat, sebagai akibat tuntutan gaya hidup masyarakat yang mulai memperhatikan masalah kemudahan dan kenyaman dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh merchandising terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri ?(2) Bagaimana pengaruh display barang terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri? (3) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri? (4) Bagaimana pengaruh merchandising, display barang, dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek konsumen pelanggan Toko Mina. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara langsung dengan pihak yang terkait dengan pemilik Toko Mina. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 50 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi inier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan realibilitas. Hasil uji t diperoleh t hitung untuk variabel merchandising sebesar 4,078 dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikansi0,05), keudian untuk t hitung variabel display barang sebesar 3,215 dengan signifikansi 0,002 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05), dan untuk t hitung variabel harga sebsar 2,124 dengan signifikansi 0,039 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05) Untuk hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 13,043 dengan tingkat signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa mempunya pengaruh yang signifikansi antara merchandising, display barang, dan harga. Sehingga model regresi yang diperoleh adalah Y = 12,003 + 0,400X1 + 0,323X2 – O,201X3. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara simultan merchandising, display barang, dan harga berpengaruh signifikansi terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mina Desa Wonoasri Kecamatan Grogol. Kata kunci : merchandising, display barang, harga, kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI