PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO BAHAN BANGUNAN UD BERKAT SUBUR BUJEL KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MAZIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0052

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Harga, Keragaman Produk Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Bahan Bangunan UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya toko-toko yang menjual produk bahan bangunan di daerah sekitar lokasi perusahaan yang berada di kelurahan Bujel Kota Kediri. Hal ini menyebabkan perlu adanya perhatian dan sejumlah tindakan yang berhubungan dengan permasalahan harga, keragaman produk dan mutu pelayanan sebagai bentuk strategi agar konsumen memutuskan membeli pada UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri. Konsumen akan merasakan kepuasan bila harga terjangkau sesuai harapan, keragaman produk yang dapat memenuhi keinginan konsumen dengan kualitas terjamin, mutu pelayanan yang diberikan terbaik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan sedang berbelanja di UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling sebanyak 40 responden. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah harga, keragaman produk dan mutu pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) yang dilengkapi dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F) dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, keragaman produk dan mutu pelayanan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri. Secara parsial variabel mutu pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri, sedangkan variabel harga dan keragaman produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD Berkat Subur Bujel Kota Kediri. Kata Kunci : harga, keragaman produk, mutu pelayanan, kepuasan konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI