PENGARUH HARGA JUAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA TOKO PERTANIAN TANI SUKSES


Author (Penulis)

MAHILDA REXY YONANTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0050

Abstract

ABSTRAK Mahilda Rexy Yonanta : Pengaruh Harga Jual, Kualitas Pelayanan dan, Strategi Promosi terhadap Omzet Penjualan pada Toko Pertanian Tani Sukses, Kebonrejo-Kepung, Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri 2015 Kata kunci : Harga Jual, Kualitas Pelayanan, Strategi Promosi, Omzet Penjualan. Semakin sengitnya persaingan toko yang menjual produk obat-obatan pertanian di desa Kebonrejo-Kepung. Menyebabkan perlu adanya perhatian dan tindakan yang berhubungan dengan permasalahan harga jual, kualitas pelayanan dan strategi promosi sebagai bentuk strategi pemasaran yang tepat agar omzet penjualan yang di targetkan toko pertanian Tani Sukses tercapai. Konsumen akan melakukan pembelian bila harga jual terjangkau, kualitas pelayanan baik, dan menerapkan strategi promosi yang tepat. Apabila toko pertanian Tani Sukses mampu menjalankan ketiga hal diatas, maka omzet penjualan dan laba yang diinginkan pun dapat tercapai. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang kebetulan sedang berbelanja di toko pertanian Tani Sukses. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling sebanyak 60 responden. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah harga jual, kualitas pelayanan, strategi promosi dan omzet penjualan sebagai variabel terikat. Data yang diambil metode kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa harga jual, kualitas pelayanan, strategi promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk toko pertanian Tani Sukses untuk terus menetapkan harga jual dengan baik, menjaga kualitas pelayanannya, menetapkan strategi promosi yang tepat, agar konsumen mempunyai persepsi bahwa toko pertanian Tani Sukses tidak akan mengecewakan konsumennya, sehingga hal tersebut meningkatkan omzet penjualan pada toko pertanian Tani Sukses.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI