PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PRIBADI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAB RABBANI (Study kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP Kediri)


Author (Penulis)

KUSTIN NUR IFTIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0046

Abstract

ABSTRAK Kustin Nur Iftidah: Pengaruh Faktor Budaya, Sosial dan Pribadi terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP KEDIRI, 2015 Kata kunci : Faktor Budaya, faktor Sosial, faktor Pribadi, dan Keputusan Pembelian. Peneliti ini menguji tentang Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, dan Pribadi dan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Rabbani pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP Kediri. Responden dari penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau yang menggunakan hijab Rabbani di Fakultas Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah responden atau masyarakat yang membeli atau menggunakan hijab Rabbani dengan jumlah sampelnya 67 orang responden, teknik pengambilan sampel disini dengan metode Accidental Sampling. Data tersebut dikumpulkan melalui kuesioner yang di berikan langsung kepada responden. Sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis instrument penelitian yang terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan uji f. Kesimpulan dari penelitian bahwa Hipotesis secara parsial dan simultan dari variabel Faktor budaya, sosial, dan pribadi terhadap keputusan pembelian diterima dalam penelitian ini dengan persamaan regresi Y = 1,207 + 0,364X1 + 0,378 X2 + 0,209 X3 dengan nilai uji t masing-masing variabel faktor budaya besarnya pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 0,364%, variabel faktor sosial besarnya pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 0,378%, variabel factor pribadi besarnya pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 0,209%. Ketiga variabel yaitu faktor budaya, soasial, dan pribadi yang berpengaruh secara simultan dengan hasil sebagai berikut: Untuk melakukan pengujian secara simultan tentang pengaruh variabel faktor budaya (X1), sosial(X2), dan pribadi (X3), terhadap keputusan pembelian (Y), Maka dapat dilihat dari ringkasan hasil analisa regresi yang memperlihatkan bahwa nilai Uji F adalah sebesar 85,392 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai signifikansi ini berada jauh dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variable bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian, Hipotesis keempat (H4) penelitian ini yang menyatakan variabel faktor budaya, sosial, dan pribadi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dinyatakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI