PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SWALAYAN SINAR CAHAYA PLOSOKLATEN KEDIRI


Author (Penulis)

INDAH ANDARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0044

Abstract

ABSTRAK Indah Andarini, 2015. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Swalayan Sinar Cahaya Plosoklaten. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku usaha seperti Sinca Swalayan. Agar pelanggan menjadi loyal dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Loyalitas pelanggan sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga kelangsungan kegiatan usahanya. Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal sangat sulit, mengharuskan pengusaha mampu mengidentivikasi konsumen yang memiliki minat besar terhadap produk. Untuk itu pelaku bisnis harus mampu menetapkan kebijakan – kebijakan yang tepat untuk kelangsungan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh persepsi harga, kualitas layanan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah konsumen Sinca Swalayan. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa, persepsi harga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan pada Sinca Swalayan Plosoklaten Kediri. Kualitas Layanan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan pada Sinca Swalayan Plosoklaten Kediri. Nilai pelanggan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan pada Sinca Swalayan Plosoklaten Kediri. Persepsi harga, kualitas layanan, dan nilai pelanggan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pelanggan pada Sinca Swalayan Plosoklaten Kediri. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan pihak pemilik Sinca Swalayan agar dapat memperhatikan dan mempertahankan persepsi harga, kualitas layanan, dan nilai pelanggan serta tetap fokus mengelola usaha bisnisnya. Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI