PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri)


Author (Penulis)

Ika Nurfitriani
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0042

Abstract

Abstrak Ika Nurfitriani: Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri) Kata kunci: motivasi, persepsi, sikap, dan keputusan pembelian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya alat telekomunikasi, salah satu alat telekomunikasi yang terus berkembang sampai sekarang ini adalah mobile phone. Yang dikenal oleh masyarakat dengan sebutan smartphone, salah satunya adalah merek Samsung. Meski saat ini penjualan Samsung menurun, tetapi Samsung berusaha meningkatkan kompetisi dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk smartphone merek Samsung. Indikasi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya motivasi, persepsi, dan sikap. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung? (2) Bagaimana pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung? (3) Bagaimana pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung? (4) Bagaimana pengaruh motivasi konsumen, persepsi konsumen, dan sikap konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP Kediri tahun ajaran 2012-2013 kelas regular B. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 70 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 7.114 + 0,200 X1 + 0,378 X2 + 0,169 X3. Berdasarkan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa motivasi konsumen, persepsi konsumen, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, diperoleh hasil persepsi konsumen dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung, dan variabel motivasi konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek Samsung. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square adalah 0.570, artinya variabel motivasi konsumen, persepsi konsumen, dan sikap konsumen mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 57%. Berarti masih ada variabel lain sebesar 43% yang menjelaskan variabel keputusan pembelian akan tetapi variabel tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : Sehubungan dengan adanya bukti bahwa persepsi konsumen yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, maka akan lebih bijak bila perusahaan memfokuskan untuk menciptakan stimuli (rangsangan) yang dapat membentuk persepsi konsumen terhadap produk-produk yang ada.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI