PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
FRANSISKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0037
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri telekomunikasi dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah faktor kualitas produk, desain produk, dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan produk indosat IM3 di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri?”. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan terhadap produk indosat IM3, khususnya pada mahasiswa yang menggunakan produk indosat IM3 di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, kualitas produk (X1), desain produk (X2), dan kepercayaan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 75 orang responden pengguna produk indosat IM3 di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t, serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk, desain produk dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, desain produk dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan. Nilai R-Square sebesar 0,586 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas produk, desain produk dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 58,6%. Berarti masih ada pengaruh dari variabel lain sebesar 41,4% yang mempengaruhi loyalitas pelanggan tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini.