PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEPSODENT PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNP KEDIRI


Author (Penulis)

DILA APRILIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dan persaingan bisnis yang cukup pesat, sehingga dalam perkembangannya, konsumen menjadi faktor kunci atas keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan didalam memasarkan produknya. Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang berasal dari diri konsumen maupun dari luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor sosial, pribadi dan psikologis. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 75 orang responden yang menggunakan produk pasta gigi Pepsodent di Fakultas Ekonomi Manajemen UNP Kediri dengan mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t, serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linear berganda. Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor yaitu faktor sosial, pribadi dan psikologis secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil uji F sebesar 37,847 signifikansi F 0,000 dan diperoleh nilai hitung uji t untuk variabel faktor sosial 4,187, faktor pribadi 3,217, sedangkan faktor psikologis 2,998, dengan tingkat signifikan variabel faktor sosial 0,000, faktor pribadi 0,002, dan faktor psikologis 0,004. Nilai R-square sebesar 0,615 menunjukkan besarnya pengaruh faktor sosial (X1), faktor pribadi (X2) dan faktor psikologis (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 61,5%. Berarti masih ada pengaruh variabel lain sebesar 38,5% yang mempengaruhi keputusan pembelian tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, hendaknya memperhatikan faktor psikologis, karena menurut hasil dari penelitian ini, walaupun faktor psikologis berpengaruh signifikan, akan tetapi dari ketiga faktor tersebut, faktor psikologis memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan faktor yang lain. Kondisi psikologis seorang konsumen terhadap Pepsodent sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, sangat penting bagi Pepsodent untuk mempertahankan apa yang telah tertanam baik tentang Pepseodent dibenak para pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI