PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR DISPERINDAG KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
CHRISTI ANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0020
Abstract
ABSTRAK
Christi Andayani: Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Disperindag Kota Kediri, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, dan Budaya Organisasi.
Dalam era globalisasi dan seiring dengankemajuan zaman, sebagai suatu instansi pemerintah yang melayani masyarakat, dituntut mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perkembanganyang terjadi serta terus melakukan perubahan-perubahan.Tercapainya tujuan organisasi sangat ditentukan dari kinerja dan keefektifan para pegawai dalam menjalankan tugas. Setiap organisasi pada umumnya mengharapkan para pegawainya mampu melaksanakan tugasnya dengan efektif, efisien, produktif dan profesional. Semua ini bertujuan agar organisasi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan sekaligus memiliki daya saing yang tinggi, sehingga nantinya akan menghasilkan kualitaspelayanan masyarakat yang sesuai dengan harapan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di kantor Disperindag Kota Kediri ? (2) Bagaimana pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai di kantor Disperindag Kota Kediri ? (3) Bagaimana pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di kantor Disperindag Kota Kediri ? (4) Bagaimana pengaruh kepemimpinan, komunikasi, budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di kantor Disperindag Kota Kediri ?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi atau korelasional yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Disperindag Kota Kediri sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan (X1), komunikasi (X2) dan budaya organisasi (X3) secara parsial ataupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) Disperindag Kota Kediri. Dengan hasil uji F sebesar 28.526 signifikansi F 0,000 dan diperole nilai hitung uji t untuk variabel kepemimpinan (X1) 2,152. Variabel komunikasi (X2) 3,408 sedangkan untuk variabel budaya organisasi (X3) sebesar 2,293. Dengan tingkat signifikansi kepemimpinan (X1) sebesar 0,037, komunikasi (X2) sebesar 0,001 dan budaya organisasi (X3) sebesar 0,026.
Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada Disperindag Kota Kediri untuk selalu memberikan dorongan dan semangat kerjadalam menumbuhkan rasa kebersamaan bekerja sama dan memperhatikan pengaruh komunikasi yang efektif dalam bekerja serta menciptakan budaya organisasi yang baik.