ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

BASTIAN DWI WAHYUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0019

Abstract

Pelayanan dapat berjalan dengan baik bila pemberi layanan mempunyai integritas dan menjalankan sistem dengan baik. Dengan adanya integritas yang tinggi diharapkan dapat melayani masyarakat dengan efektif dan efisien. Penelitian ini di lakukan di Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dengan aspek-aspek antara lain yaitu: 1) Bukti Fisik (Tangibles), 2) Keandalan (Reliability), 3) Daya Tanggap (Responsivness), 4) Jaminan (Assurance), 5) Empati (Empaty). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui pendistribusian perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP); 2) Mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana pendukung lainnya; 3) Mengetahui kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Grogol. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Kepala Bagian Pelayanan Umum sebagai informan kunci, 2 orang petugas pelayanan di Kecamatan Grogol dan 27 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Grogol dilihat dari ke 5 (lima) aspek tersebut yaitu: (1) Bagian Pelayanan Umum di Kecamatan Grogol belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti kursi diruang tunggu yang belum memadai dengan jumlah pengunjung, belum adanya ruang tunggu, fasilitas seperti genset kurang dioptimalkan. (2) Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Kecamatan Grogol dalam aspek reliability (kehandalan) mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat, handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan. (3) pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara petugas dan pengunjung yang saling berkomunikasi. (4) keamanan di Kecamatan Ggrogol sudah menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat yaitu dengan menempatkan tukang parkir yang ikut mengamankan keadaan di parkiran. (5) Aspek empati (empaty), yang diberikan pihak Kecamatan Grogol yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI