PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TAS SOPHIE MARTIN DI BC YULIS MAWADDATY PARE


Author (Penulis)

ARNES DESIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0012

Abstract

Arnes Desiana: Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Tas Sophie Martin di BC Yulis Mawaddaty Pare, Skripsi, Manajemen, FE UNP KEDIRI, 2015 Kata kunci : Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan merek khususnya untuk kategori produk tas. Produsen yang mampu membangun merek dengan baik, akan memberikan nilai tambah pada produknya yang dinyatakan sebagai merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat. Sophie Martin merupakan salah satu merek tas yang sudah lama dan di kenal masyarakat. Persaingan yang dihadapi Sophie Martin semakin kompetitif dan ketat dengan adanya produk tas merek lain yang bermunculan dengan model, harga, dan kualitas yang relatif sama. Cara menghadapi persaingan tersebut adalah meningkatkan kekuatan merek. Penelitian ini mengulas tentang pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pada konsumen tas Sophie Martin di BC Yulis Mawaddaty Pare. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di BC Yulis Mawwadaty yang beralamatkan di jalan mastrip Pare. Sampel yang digunakan berjumlah 67 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut terhadap keputusan pembelian adalah 92%, sedangkan sisanya 8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel-variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek memiliki pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dari nilai uji-t signifikan tiap variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara variabel ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI