PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET ( Study kasus pada konsumen Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No.71 Cabang Kota Kediri )


Author (Penulis)

ARMIN WAKIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0011

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keragaman produk, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 71 Cabang Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan study pustaka. Sampel yang dipilih secara non probability sampling yang menggunakan pendekatan aksidental sampling, pendekatan tersebut mengambil respoden/konsumen yang pernah membeli di Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 71 Cabang Kota Kediri. Sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis instrument penelitian yang terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yaitu keragaman produk, lokasi dan promosi mempunyai pengaruh positif yang sejalan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,766 menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 76,6% keputusan pembelian sedangkan sisanya (100% - 76,6% = 23,4% atau 0,234) dijelasakan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini (selain variabel keragaman produk, lokasi dan promosi). Berdasarkan hasil penelitian ini maka variabel keragaman produk, lokasi dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga didapat kesimpulan bahwa jika semakin baik/ tinggi variabel keragaman produk, lokasi dan promosi maka akan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 71 Cabang kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-02

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI