PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, HARGA DAN CUACA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM MAGNUM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FE UNP KEDIRI


Author (Penulis)

ACH. FARUQI ZAMZAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0001

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, harga dan cuaca terhadap keputusan pembelian es krim magnum pada mahasiswa program studi manajemen FE UNP Kediri. Periode penelitian dilakukan dari bulan Juni  sampai dengan juli 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berbentuk angka. Metode pengambilan sampel  non probability sampling. Dari 1557 populasi mahasiswa di prodi manajemen FE UNP Kediri diambil sebanyak 50 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk(X1), Promosi(X2), Harga(X3), Cuaca(X4), dan Keputusan Pembelian(Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F)  dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 20. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3), Cuaca (X4), dan Keputusan Pembelian (Y)  signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001, 0,028, 0,012 dan 0,025. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan varibel bebas (Kualitas Produk, Promosi, Harga dan Cuaca ) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dengan nilai koefisien sebesar 0.841, yang berarti variabel bebas mampu menjelaskan variasi perubahan variabel terikat sebesar 84,1% dan sisanya sebesar 15,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar wall’s. Sebagai bagian produk Unilever Indonesia Tbk. Lebih mempertimbangkan Kualitas Produk Promosi, Harga dan Cuaca. Karena variabel tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.     Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Harga dan Cuaca Terhadap Keputusan                      Pembelian Es Krim Magnum

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI