ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON EQUITY, PRICE EARNING RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAMPADA PERUSAHAAN MANUFAKTURYANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 s/d 2013
Author (Penulis)
HENOK MEIRISA KRISTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.01.0078
Abstract
ABSTRAK
HenokMeirisaKristanti : Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Equity, Price Earning RatiodanCurrent Ratio terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manukfaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia PeriodeTahun 2011-2013. Skripsi, Akuntansi, FE UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, ROE, PER, CR dan HargaSaham, Regresi Linier Berganda.
Pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi, terutama di negara yang menganut system ekonomi pasar. Salah satu sumber dana perusahaan berasal dari modal saham yang ditanamkan oleh para investor, maka secara otomatis modal saham merupakan bagian dari laporan manajemen perusahaan kepada para pemegang saham atau investor.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh factor Ukuran Perusahaan, Return On Equity, Price Earning RatiodanCurrent Ratio terhadap Harga Saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Periode penelitian dilakukan mulai dari tahun 2011-2013.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunakan data berbentuk angka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periodetahun 2011-2013 dengan jumlah populasi sebanyak 131 perusahaan yang kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakanteknikpurposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan alat bantu program SPSS versi 20.
Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel ROE, PER dan CR mempunyai pengaruh signifikan terhadap HargaSaham signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,011 dan 0,000. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap HargaSaham. Hasi l uji secara simultan (Uji F) menunjukkan variable bebas (Ukuran Perusahaan, ROE, PER & CR) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hargasaham. Dengan nilai koefisien sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari tingkat signifikansi yaitu 0,05atau 5% Maka H0 ditolak dan Ha diterima