PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2013)
Author (Penulis)
DYAH AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.01.0057
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap
pengungkapan CSR, yang dimana karakteristik itu sendiri meliputi Ukuran Dewan Komisaris,
Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial
perusahaan merupakan variabel dependen dalam penelitian ini yang diukur dengan didasarkan
pada Key Succes Factor for Social Performance yang berisi 78 indikator pengukuran
corporate social responsibility. Variabel independen yang diteliti antara lain Ukuran Dewan
Komisaris, Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran Perusahaan.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian expose facto.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kuantitatif, alasan peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif adalah data yang dianalisis
dalam penelitian ini berbentuk angka yang sifatnya dapat diukur, rasional, dan sistematis.
Untuk ketepatan perhitungan sekaligus mengurangi human eror digunakan progam SPSS
(Statistical Product and Service Solution). Tempat penelitian ini dilakukan di Bursa Efek
Indonesia dan data diakses melalui browsing via internet di www.idx.co,id yang merupakan
situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Waktu penelitian terhitung mulai bulan Februari
2015 sampai dengan bulan Juli 2015. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 sebanyak 136 perusahaan.
Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 32 perusahaan yang
menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dengan dua langkah yaitu dengan file research
dan library research. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji asumsi klasik dan pengujian
hipotesis dengan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Dewan Komisaris berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran
perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Kata kunci : pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran dewan
komisaris, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan.