PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2013)


Author (Penulis)

DYAH AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.01.0057

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan CSR, yang dimana karakteristik itu sendiri meliputi Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan variabel dependen dalam penelitian ini yang diukur dengan didasarkan pada Key Succes Factor for Social Performance yang berisi 78 indikator pengukuran corporate social responsibility. Variabel independen yang diteliti antara lain Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran Perusahaan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian expose facto. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, alasan peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif adalah data yang dianalisis dalam penelitian ini berbentuk angka yang sifatnya dapat diukur, rasional, dan sistematis. Untuk ketepatan perhitungan sekaligus mengurangi human eror digunakan progam SPSS (Statistical Product and Service Solution). Tempat penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia dan data diakses melalui browsing via internet di www.idx.co,id yang merupakan situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Waktu penelitian terhitung mulai bulan Februari 2015 sampai dengan bulan Juli 2015. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 sebanyak 136 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 32 perusahaan yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dengan dua langkah yaitu dengan file research dan library research. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Dewan Komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Kata kunci : pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI