FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014


Author (Penulis)

AULIA FITRI YANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.01.0019

Abstract

Abstrak Aulia Fitri Yanti. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kodisi Pasar, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Jenis Industri, dan Underpricing. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan penting yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan adalah bagaimana mendapatkan modal guna mendukung kegiatan operasionalnya. Banyak sumber dana yang berasal dari investasi, misalnya pasar modal. Pendanaan melalui penyertaan umumnya dilakukan dengan menjual saham perusahaan kepada masyarakat atau dikenal dengan istilah go public. Terkait hal itu untuk menciptakan harga saham yang ideal perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi underpricing agar perusahaan yang akan go public terhindar dari kerugian karena underestimate atas nilai pasar sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris bagaimana pengaruh kondisi pasar, pengaruh umur perusahaan, pengaruh profitabilitas, pengaruh jenis industri,secara parsial maupun simultan terhadap underpricing saham. Variabel penelitian yang dipakai yaitu variabel bebas yang terdiri dari kondisi pasar, umur perusahaan, profitabilitas, dan jenis industri, adapun variabel terikatnya yakni underpricing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan spss. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014, melakukan IPO, tidak pernah mengalami kerugian selama tahun 2010-2014. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan diolah dengan menggunakan bantuan for windows SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi pasar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap underpricing, umur perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing, dan jenis industri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing. Serta kondisi pasar, umur perusahaan, profitabilitas, dan jenis industri bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap underpricing.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI