MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PERMAINAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PUTRA BANGSA AN-NUR KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0895

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Putra Bangsa An-Nur Kota Kediri. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa keterampilan menyimak pada anak kelompok A TK Putra Bangsa An-Nur Kota Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A TK Putra Bangsa An-Nur Kota Kediri” Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A TK Putra Bangsa An-Nur Kota Kediri pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan menyimak pada anak kelompok A Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A TK Putra Bangsa An-Nur Kota Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui metode bercerita dengan menggunakan panggung boneka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada tindakan siklus I hasil prosentase belajar anak masih mencapai 47%, sedangkan pada tindakan siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 65%, dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik menjadi 82%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar anak mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya peningkatan hasil belajar anak dalam pelaksanaan tindakan perbaikan maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini dapat diterima. Kata kunci: keterampilan menyimak, metode bercerita, panggung boneka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI