MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA KERTAS KREP DAN AIR PADA ANAK KELOMPOK A PAUD AL IKHLAS NURANI TANGGUNG BENCE KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
ZUNANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0893
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dana pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air masih di dominasi oleh
aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif,
dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada
akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran mengenal
warna melalui media kertas krep dan air untuk meningkatkan dan hasil belajar anak ? (2) Apakah
penerapan pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air dapat meningkatkan
motivasi belajar anak ? (3) Apakah penerapan pembelajaran mengenal warna melalui media
kertas krep dan air dapat meningkatkan hasil belajar anak ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek
penelitian anak kelaompok A Paud Al Ikhlas Nurani. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus,
menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas
guru, koesioner motivasi belajar dan hasil belajar anak.