MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA KERTAS KREP DAN AIR PADA ANAK KELOMPOK A PAUD AL IKHLAS NURANI TANGGUNG BENCE KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

ZUNANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0893

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dana pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air masih di dominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air untuk meningkatkan dan hasil belajar anak ? (2) Apakah penerapan pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air dapat meningkatkan motivasi belajar anak ? (3) Apakah penerapan pembelajaran mengenal warna melalui media kertas krep dan air dapat meningkatkan hasil belajar anak ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelaompok A Paud Al Ikhlas Nurani. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru, koesioner motivasi belajar dan hasil belajar anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI