MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP PENAMBAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI MEDIA MENARA GELANG PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK KEBONSARI KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

FENY ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0883

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan kognitif anak dalam hal pemahaman tentang konsep penambahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan oleh kurang kreatifnya guru dalam membuat media pembelajaran,anak kurang mendapat motivasi dan tinggkat pemahaman anak belum berkembang secara optimal. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan terdapat beberapa rumusan masalah “Apakah menggunakan media menara gelang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep penambahan dan pengurangan pada anak kelompok B TK PKK Kebonsari ?” Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas dan dirancang dalam tiga siklus dngan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasu, refleksi. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B di TK PKK Kebonsari Kademangan Blitar sebanyak 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Metode pengumpulan data adalah dengan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media menara gelang dapat mengembangakan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep penambahan dan pengurangan terbukti dari siklus pertama sampai siklus ketiga selalu mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan mengenal konsep penambahan dan pengurangan dengan teliti dan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkn bahwa media menara gelang dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep penambahan dan pengurangan dan disarankan agar guru lebih kreatif mencari media pembelajaran dan metode permainan yang lebih baik. Untuk meningkatakan kualitas belajar mengajar hendaknya sekolah/kepala sekolah selalu menekankan pada guru untuk terus memberikan motivasi pada anak didik. Serta peran orang tua untuk selalu member dorongan dan dukungan pada anak, kepribadian social anak dapat terbentuk. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis “ Penerapan media menara gelang dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep penambahan dan pengurangan pada anak kelompok B di TK PKK Kebonsari tahun ajaran 2014-2015 “ Di Terima. Kata kunci : kemampuan kognitif , pengenalan konsep penambahan dan pengurangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI