MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI I DESA KECUBUNG KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MURTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0876

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif. Akibatnya kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 melalui media gambar pada anak kelompok A TK Pertiwi Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk belum berkembang sesuai yang diharapkan. Hal tersebut nampak masih ada anak yang tidak mau melakukan tugas atau kegiatan mengenal angka. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Pertiwi I Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 sebelum dilakukan tindakan, melakukan tindakan berupa penerapan media gambar dalam pembelajaran, mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 sesudah dilakukan tindakan dan mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan pada anak kelompok A TK Pertiwi I Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Pertiwi I Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Data tentang kemampuan anak dikumpulkan dengan teknik unjuk kerja menggunakan instrumen lembar/pedoman unjuk kerja dan data tentang pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrumen lembar/pedoman observasi. Dari analisis data penelitian diperoleh hasil pada pra tindakan sebesar 40%, setelah tindakan siklus I sebesar 50%, setelah tindakan siklus dua sebesar 65% dan setelah tindakan siklus III sebesar 85%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Pertiwi Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk menerapkan media gambar dalam pembelajaran guna mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Kata kunci: kemampuan kognitif mengenal angka 1-10, media gambar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI