MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA LAMPION HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AISYIYAH I CANGGU KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

ELY FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0867

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa perkembangan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf ternyata banyak yang belum bisa di pahami dengan benar oleh anak. Banyak sekali yang masih sulit menghafal huruf dengan benar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : "Apakah melalui penggunaan media lampion huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di PAUD Aisyiyah I Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan mengenal huruf pada anak kelompok A di PAUD Aisyiyah I Canggu ditemukan adanya masalah yaitu anak-anak sulit mengingat dan menghafal huruf karena hanya menggunakan papan tulis saja. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat belajar, semangat dan kemampuan anak dalam menghafal huruf yang masih kurang dalam mengenal huruf dengan benar. Sehingga perlu mengadakan pengembangan kemampuan mengenal huruf dengan media lampion huruf. Dengan media lampion huruf diharapkan lebih menarik minat dan semangat belajar anak dalam mengenal huruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian pada anak kelompok A di PAUD Aisyiyah I Canggu dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang telah ditetapkan dan teknis analisis. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilaksanakan nilai perkembangan anak adalah siklus I sebesar 30%, siklus II 43%, dan siklus III sebesar 70%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di PAUD Aisyiyah I Canggu sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Lampion Huruf Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A Di PAUD Aisyiyah I Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Kata Kunci : Meningkatkan kemampuan mengenal huruf media Lampion Huruf

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI