MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN CRAYON DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 02 PELEM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

WIWIK SETIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0863

Abstract

Abstrak WIWIK SETIYANI:MeningkatkanKemampuanMotorikHalusMelaluiKegiatanMenggambardengan Crayon di Kelompok B TK Dharma Wanita 02 PelemCampurdaratTulungagungTahunPelajaran 2014-2015, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci :kemampuanmotorikhalus, menggambardengan crayon. Penelitianini di latarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpeneliti, bahwamasihrendahnyakemampuanmotorikhalusanak di Kelompok B TK Dharma Wanita 02 PelemCampurdaratTulungagungTahunPelajaran 2014-2015. Hal inidisebabkanolehfaktor efektivitas dan efisiensi waktu dimana buku penunjang dianggap lebih praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, faktor kurangoptimalnya penggunaan media dan sumber belajar lain selain buku penunjang bagi pengembangan motorik halus anak, danfaktorkepentingan orangtua yang hanya mengutamakan pada kegiatan baca tulis dan hitung. Permasalahanpenelitianiniadalahapakahpenerapankegiatanmenggambardengan crayon dapatmeningkatankemampuanmotorikhalusanak di Kelompok B TK Dharma Wanita 02 PelemCampurdaratTulungagungTahunPelajaran 2014-2015 ?. PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitianadalah20 anak di Kelompok B TK Dharma Wanita 02 PelemCampurdaratTulungagung.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus, menggunakaninstrumenberupaRencanaKegiatanMingguan (RKM), RencanaKegiatanHarian (RKH), lembarobservasi guru danlembarpenilaianunjukkerjauntukanak Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahbahwapenerapankegiatanmenggambardengancrayonterbuktidapat meningkatkankemampuan motorikhalusanak pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita 02 PelemDesaPelemKecamatanCampurdaratKabupatenTulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015.Hal inidapatdilihatdarihasil prosentase rata-rata kemampuan berhitung anakpadaSiklus I adalah 67,5%, danSiklus II adalah86,25 %. Berdasarkansimpulanhasilpenelitianini, disarankankepada: (1) LembagaPenyelenggaraPendidikan agar menyediakansaranadanprasaranapembelajaran yang dibutuhkandalammengembangkandanmeningkatkankemampuanmotorikanak, khususnyauntukmeningkatkankemampuanmotorikhalusanak. (2) Guru diharapkanlebihkreatifdalammengelolapembelajarandanmenggunakan media yang inovatif. (3) Bagiorangtua agar lebihmemperhatikansetiappotensi yang dimilikianaktidakhanyapotensiakademiksematatetapijugapadapotensikreativitasanakdenganditerapkannyakegiatankreativitas di rumahdengansuasana yang menyenangkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI