MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BERHITUNG 1 SAMPAI 10 MELALUI PERMAINAN KUBUS CERDIK PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA BADALPANDEAN KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

LUTVI ZUANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0847

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Badalpandean Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri pada kegiatan berhitung 1 sampai 10 masih belum maksimal. Anak kurang memahami konsep-konsep bilangan baik itu berupa lambang bilangan maupun dengan menghitung benda-benda. Hal ini disebabkan media belajar dan metode pembelajaran yang masih kurang. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah melalui permainan kubus cerdik dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam berhitung 1 sampai 10 pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badalpandean Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badalpandean Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 19,9% dari siklus I kesiklus II, dan 40,1% dari siklus II kesiklus yang III. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan kemampuan berhitung anak didik sebesar 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian yang berbunyi pembelajaran melalui permainan kubus cerdik dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung 1 sampai 10 di kelompok A TK Kusuma Mulia Badalpandean Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, diterima. Disarankan bagi lembaga Taman Kanak-kanak khususnya TK Kusuma Mulia Badalpandean untuk dapat lebih menvariasi metode pembelajaran yang ada di TK, terutama kegiatan-kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kognitif anak dan sekolah dapat menerapkan permainan kubus cerdik menjadi salah satu kegiatan pembelajaran dalam pengembangan kemampuan berhitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI