MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIO DRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PUTRA GEMILANG DESA TAROKAN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MUTI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0844

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa metode sosio drama dianggap mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak. Karena kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa Tarokan Kecamatan tarokan Kabupaten Kediri ini masih lemah, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru. Dan untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode sosio drama. Yang mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa Tarokan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan subjek penelitian siswa kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa tarokan yang terdiri dari 28 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Melalui Metode Sosio Drama terbukti berhasil dan mampu mengembangkan kemampuan berbicara bagi anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Putra Gemilang. Hal ini diketahui dari hasil analisis penggunaan metode sosio drama pada pra tindakan mencapai ketuntasan sebesar 28%, Siklus I mencapai 29%, Siklus II mencapai 63% dan siklus III mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan bidang pengembangan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode sosio drama dapat meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa Tarokan. Disarankan bagi guru TK hendaknya didalam KBM menggunakan metode sosiodrama untuk menarik perhatian siswa. Kata Kunci : berbicara, sosiodrama

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI