MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA IV DESA TAROKAN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI UMI KULSUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0843
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa bermain leggo dianggap mampu mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Karena kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Kusuma Mulia IV Desa Tarokan Kecamatan tarokan Kabupaten Kediri ini masih lemah, yang artinya masih perlu adanya bimbingan dari guru.Dan untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan mengembangkan kemampuan motorik halusanak melalui permainan leggo.Yang mana kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak dalam kegiatan tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu : Apakah penerapan permainan leggo dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Kusuma Mulia IV Desa Tarokan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok A TK Dharma Wanita Putra Gemilang Desa tarokan yang terdiri dari 24 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Melalui media leggo terbukti berhasil dan mampu mengembangkan kemampuan motorik halus bagi anak Kelompok B di TK Kusuma Mulia IV Tarokan. Hal ini diketahui dari hasil analisis penggunaan metode sosio drama pada pra tindakan mencapai ketuntasan sebesar 20%, Siklus I mencapai 24%, Siklus II mencapai 63% dan siklus III mencapai 82%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan bidang pengembangan kemampuan motorik halus dengan menggunakan permainan leggo drama dapat meningkatkan kemampuan motorik halus kelompok B TK Kusuma Mulia IV Desa Tarokan. Disarankan bagi guru TK hendaknya didalam KBM menggunakan metode sosiodrama untuk menarik perhatian siswa.
Kata Kunci : Motorik Halus, Leggo